Breaking

Rabu, 07 Maret 2018

4 Hal Yang Wajib Di Lakukan Saat Melihat Berita HOAX

4 Hal Yang Wajib Di Lakukan Saat Melihat Berita HOAX

News, Tekno.Hanyatauaja.com - Perlu diketahui bahwa banyak oknum-oknum yang kerap memanipulasi berita demi untuk mendapatkan keuntungan pribadi atau juga kelompok, Hal itu tentunya perlu kita sadari agar kita tidak terjerumus atas pesan hoax yang disampaikan. Maka dari itu kamu perlu melakukan hal ini untuk mencegah berita hoax.

Berita Hoax

Maraknya berita palus atau hoax yang tersebar di media sosial, atau grup WA atau juga dari mulut ke mulut menjadikan seseorang bisa mempunyai pandangan tersendiri tentang isu atau masalah yang sedang diberitakan.

Dan jika dibiarkan terus menerus akan berdampak negatif kepada banyak orang, terlebih lagi jika berita itu sifatnya mengadu domba atau menghasut. Agar kamu itu tidak terkena atau terjerumus, coba langsung lakukan hal berikut ini ketika mendapatkan berita hoax.

CUEKIN AJA

Langkah paling utama yang harus kamu lakukan saat menemukan berita tidak jelas kebenarannya adalah cuekin aja. Berita yang benar umumnya akan up to date atau segera muncul tidak lama usai kejadian. Terlebih lagi di era digital seperti saat ini yang didukung oleh platform yang memungkinkan kita untuk mendapat berita apa pun yang kita inginkan hanya dengan sekali sentuh. Jadi kamu tidak perlu takut menjadi kurang update jika cuekin 1 atau dua berita yang hoax.

MENCARI SUMBER TERPERCAYA

Bisa juga kamu langsung mencari informasi dari sumber terpercaya, seperti media-media yang berada di bawah naungan dewan pers dan jika memungkinkan menghubungi langsung orang yang bersangkutan. Jika sepi dari pemberitaan ada kemungkinan berita itu hoax.

BLOKIR

Saking mudahnya untuk mendapatkan informasi di era digital itu tidak heran jika banyak dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu untuk menyebarkan berita hoax melalui sosial media seperti Twitter, Facebook, Blog dan yang lainnya.

Maka dari itu kamu perlu tuh menyaring situs-situs mana saja yang menurut kamu itu terpercaya, jika kamu terus dihiasai di beranda sosial media kalian berita-berita hoax itu maka blokir saja situs tersebut. Agar tidak bisa diakses di HP, PC atau Laptop kalian.

LAPORKAN

Jika kamu benar-benar yakin berita yang kamu baca itu Hoax, jangan takut untuk melaporkannya kepada pihak tertentu yang berwajib seperti Kominfo. Dengan begitu kamu sudah memberikan bantuan untuk memberantas berita hoax agar tidak sampai ke orang-orang yang awam.

Nah, jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, sekarang yang paling wajib harus kamu lakukan adalah share postingan ini ke temen-temen agar semuanya menjadi tahu apa yang harus mereka lakukan ketika bertemu dengan berita hoax.

Hanyatauaja.com I Membaca Agar Lebih Tau
http://lapak.hanyatauaja.com/
Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact